Petugas Registrasi Desa, Ikuti Bimtek Pelayanan Dokumen Kependudukan

1 min read

Petugas Registrasi Desa, Ikuti Bimtek Pelayanan Dokumen Kependudukan

Petugas Registrasi Desa, Ikuti Bimtek Pelayanan Dokumen Kependudukan

PATI, PATINEWS.COM

Untuk meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi terkait dokumen kependudukan diselenggarakan Bimbingan Teknis Pelayanan Dokumen Kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati secara zoom meeting  bagi Petugas Registrasi Desa dan Operator Pelayanan Dokumen Kependudukan se Kecamatan Tlogowungu, Pati, Jateng. Selasa, 28 September 2021.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Tlogowungu, Isworo, berpesan kepada Peserta bimtek untuk mengikutinya secara bersungguh-sungguh sehingga dapat memahami materi yang disampaikan dan menerapkannya di tingkat desa serta dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi terkait dokumen kependudukan.

Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil, Mari Ulfah, menekankan untuk meningkatkan capaian cetak Kartu Identitas Anak ( KIA ). Untuk Kecamatan Tlogowungu sendiri capaian cetak KIA sudah mencapai 34,51%, sedangkan cetak KTP sudah mencapai 90% lebih.

Pihaknya menambahkan capaian ini tentunya tidak terlepas dari peran dan campur tangan dari Petugas Registrasi Desa sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pelayanan Dokumen Kependudukan di tingkat desa.

Sedangkan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Endrawati, menyampaikan pentingnya tentang penerbitan Dokumen Pencatatan Sipil diantaranya Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

“Selain Akta Kelahiran yang tidak kalah pentingnya adalah akta kematian, dimana akta kematian ini sering disepelekan oleh masyarakat padahal dokumen ini juga penting. Sehingga Petugas Registrasi Desa berperan penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya akta kematian,” ujar dia.

(*)

Source Of Petugas Registrasi Desa, Ikuti Bimtek Pelayanan Dokumen Kependudukan From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *