Potensi Tersimpan di TPI Banyutowo

1 min read

Potensi Tersimpan di TPI Banyutowo

DUKUHSETI, PATINEWS.COM

Pesisir pantai utara pulau Jawa banyak menyimpan potensi wisata yang menarik dan memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjungnya. Salah satu lokasi tersebut merupakan dermaga tempat pelelangan ikan Banyutowo yang berada di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah. Senin (13/9)

Kawasan dermaga yang merupakan tempat bersandarnya perahu nelayan sekaligus merupakan tempat untuk menjual hasil tangkapan nelayan warga sekitar dan juga nelayan dari wilayah diluar Kabupaten Pati.

Pemandangan lautan lepas memanjakan mata melihatnya, desiran angin laut yang menyejukkan dan deru ombak yang terus menerus tiada henti menerpa perahu nelayan yang disauhkan ditengah laut memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

TPI Banyutowo merupakan aset berharga bagi warga sekitarnya dan khususnya pemerintah Kabupaten Pati. Keberadaannya merupakan jantung perekonomian masyarakat yang mata pencahariannya sebagai nelayan.

Kehadirannya juga sebagai sarana edukasi untuk mengenal lebih jauh kemaritiman nusantara khususnya anak-anak, sehingga dapat berinteraksi langsung dan mengimplementasikan yang mereka dapat dari sekolah. Diharapkan nantinya anak-anak akan memahami, mengembangkan dan mencintai lingkungan hidup khususnya kelautan.

Suka banget dengan laut, banyak ikannya, bisa melihat perahu, ada bapak yang terjun ke laut ambil kerang, ” imbuh Bhinneka yang akrab dipanggil Eka yang merupakan siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Manahijul Huda Ngagel penuh antusias menceritakannya.

Eka ditemani Simon (20 th) menyampaikan banyak yang datang di saat liburan sekolah.

Disamping melihat pemandangan laut juga bisa naik perahu, memancing dan membeli ikan segar yang baru datang pulang melaut nelayan, ” ungkapnya.

Potensi TPI Banyutowo sangat menjanjikan bila dikembangkan dengan profesional sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar. Dukungan pemerintah Kabupaten Pati khususnya sangat diperlukan. Semoga kedepannya semakin maju dan berkembang.

(Arif)

Source Of Potensi Tersimpan di TPI Banyutowo From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *