Puncak Acara Sedekah Bumi, Desa Ngepungrojo Gelar Kesenian Tradisional Ketoprak

1 min read

Puncak Acara Sedekah Bumi, Desa Ngepungrojo Gelar Kesenian Tradisional Ketoprak

PATI, LENSAPATI.COM

Setelah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila di Kecamatan Pati pada hari Selasa (31/5) kemarin, Desa Ngepungrojo hari ini menggelar tradisi kearifan lokal yaitu sedekah bumi. Kegiatan yang dimulai pada hari minggu pagi diadakan doa bersama dan dilanjutkan pagelaran wayang kulit sebagai syarat dan malam hari dilanjutkan dengan pagelaran seni ketoprak dengan mengambil judul “Lontang Semarang”. Minggu (5/6).

Menurut Kades Ngepungrojo Tri Santoso, SE kegiatan tradisi sedekah bumi ini sudah turun temurun dari nenek moyang, tidak hanya di wilayah Desa Ngepungrojo akan tetapi seluruh desa di wilayah Pati memiliki tradisi ini.
Selain menjaga tradisi, kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur warga Desa Ngepungrojo kepada Tuhan YME atas segala nikmat yang diberikan kepada warga Desa Ngepungrojo,” ungkapnya.

Kegiatan yang biasanya dilaksanakan tiap tahun sedikit tertunda dengan adanya pandemi Covid-19. Setelah meredanya pandemi warga Desa Ngepungrojo sangat antusias dengan diadakannya tradisi sedekah bumi. Terbukti dengan ramainya masyarakat mendatangi pagelaran ketoprak Wahyu Manggolo dengan mengambil judul Lontang Semarang yang mengambil tempat di halaman rumah Kades Ngepungrojo.

Pada kesempatan ini ketua panitia sedekah bumi Desa Ngepungrojo Pipiet Irawan mengucapkan terimakasih kepada warga Desa Ngepungrojo atas dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan sedekah bumi ini dapat dilaksanakan. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat, kecil kemungkinan panitia dapat mrlaksanakan kegiatan tradisi ini.
Terimakasih kepada Kades dan jajarannya, masyarakat serta para donatur sehingga kegiatan sedekah bumi ini dapat terlaksana setelah dua tahun kita tidak melaksanakan sedekah bumi seperti biasanya dikarenakan pandemi Covid-19,” katanya.

Dalam acara pagelaran ketoprak sebagai puncak acara sedekah bumi hadir juga Babinsa Desa Ngepungrojo Serma Suwono dan Bhabinkamtibmas Bripka Aries serta dibantu segenap panitia termasuk dari seksi keamanan, karang taruna dan berbagai pihak untuk mengamankan dan mensukseskan kegiatan tradisi sedekah bumi Desa Ngepungrojo. (m@s)

 

Informasi Viral Tentang Puncak Acara Sedekah Bumi, Desa Ngepungrojo Gelar Kesenian Tradisional KetoprakSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *