Semangat Kyai, Pengusaha, Pejabat dan Warga Ngemplak Kidul Merenovasi Masjid Jami’ Ronggokusumo

1 min read

Semangat Kyai, Pengusaha, Pejabat dan Warga Ngemplak Kidul Merenovasi Masjid Jami’ Ronggokusumo

Penulis : Imam Muhlis Ali

Semangat Kyai, Pengusaha, Pejabat Dan Masyarakat Desa Ngemplak Kidul Merenovasi Masjid Jami’ Ronggokusumo

Tahun 1990 an warga desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati begitu bersemangat merenovasi masjid peninggalan Waliyullah Syeh Ronggokusumo. Warga masyarakat yang kala itu bermata pencaharian di bidang industri rumah tepung tapioka kompak bersama para kyai, tokoh masyarakat, jajaran pemerintah desa, pengusaha dan lainnya bahu membahu melaksanakan tugas mulia merenovasi tempat ibadah. Terlihat dari foto, mereka luar biasa bersemangat.

Melihat mereka bersatu dalam ”membangun peradaban mulia’ yakni merenovasi masjid lebih megah, membuat kita generasi muda rasanya malu akan kesolidan mereka.

Kita yakin kesemangatan mereka akan terus menjadi teladan bagus bagi anak cucu kelak di masa mendatang. Kini, tinggal kita untuk meneruskan perjuangan para orang tua kita, pendahulu kita dengan melakukan hal positif sesuai bidang kita masing-masing.

Para kyai seperti KH. Zahwan Anwar, KH. Muzammil Thohir, Kyai Ali Murtadlo, Kyai Kastari, Kyai Kajen, KH. Kholiq Abdillah, Kyai Muadz Syukron, Kyai Ngemplak Kidul dan banyak Kyai lain (tanpa mengurangi rasa hormat, tidak disebutkan), tokoh masyarakat, kepala desa dan perangkatnya, pengusaha seperti H.Muhadi dan lainnya serta masyarakat mampu memberi kita peninggalan yang baik.

Tugas kita bukan sekedar mendo’akan mereka semua namun juga kita generasi meneruskan kebaikan dengan cara dan metode yang sesuai zaman.

Bagi para pejuang pembangunan masjid jami yang sudah wafat, kita patut do’akan semoga amalnya diterima Allah SWT, dan husnul khotimah. Dan bagi yang saat ini masih ada di antara kita, mari mendo’akan semoga diberikan kesehatan. Amin.

(*)

Source Of Semangat Kyai, Pengusaha, Pejabat dan Warga Ngemplak Kidul Merenovasi Masjid Jami’ Ronggokusumo From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *