Tingkatkan Kualitas Generasi, MI Darun Najah Ngemplak Kidul Gelar Ujian Shalat, Baca Al-Qur’an dan Tahlil

2 min read

Tingkatkan Kualitas Generasi, MI Darun Najah Ngemplak Kidul Gelar Ujian Shalat, Baca Al-Qur’an dan Tahlil

Penulis : Imam Muhlis Ali*

Margoyoso, Pati-25/05/2022

Untuk mencetak generasi islam yang beriman, bertakwa dan relijius di perlukan stimulus-stimulus  dan gerakan yang masif. Hal ini di maksudkan agar terjadi kualitas generasi yang handal. Juga agar terjaga proses regenerasi yang produktif, tradisi keilmuwan yang mumpuni dan karakter amaliyah keagamaan yang benar.  Jika tidak di mulai dari sekarang, kapan lagi? dan jika kita yang menggerakkan, siapa lagi?. kalau bukan kita khususnya para stake holder, lembaga pendidikan dan para pendidik, siapa lagi?.

Baru-baru ini Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati menggelar  testing praktek shalat,membaca Al-Qur’an dan hafalan bacaan  tahlil.  Kegiatan testing ini sudah berlangsung lama setiap tahun. Tahun ini di laksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2022 dan bettempat di aula madrasah.

Turut hadir pengurus yayasan Ronggo Kesumo yang menaungi Madrasah Darun Najah, para kepala RA, MI, MTs dan MA. Juga para wali murid kelas VI dan tentu saja para peserta didik yang mengikuti testing. Sebagai penilai yakni para hafidz dan hafidzah serta guru agama yang berkompeten.

Pengurus yayasan, Bapak KH.Muslich Ar dalam sambutannya menuturkan nasihat untuk para wali murid agar selalu memgingatkan anak rajin shalat, mengaji Al-qur’an dan mengamalkan kalimat tahlil.

Sementara itu sambutan kepala MI Darun Najah, Bapak Sunoko mengharapkan pelaksanaan testing ini berjalan lancar dan mampu menghasilkan generasi beriman dan bertaqwa.

Teknis pelaksanaan.testing seperti.tahun sebelumnya yakni setiap peserta didik di panggil sesuai nomor urut dengan tertib.. Nantimya akan di dampingi orang tua masing-masing. Ini bertujuan agar orang tua mengetahui seberapa kemampuan anak. Setelah selesai testing akan di pilih satu putra dan.putri terbaik.

Memang testing praktek shalat, membaca Al-qur’an dan tahlil ini menjadi program kurikulum andalan madrasah. Stimulus dan ‘action’  di lembaga pendidikan terutama di madrasah yakni testing baca kitab Al-Qur’an, hafalan bacaan tahlil, dan praktek sholat. Efek atau hasil testing semacam ini dapat di rasakan jauh sampai ke masa depan karena generasi islam dapat serius memenuhi testing ini sebab menjadi penentu.utama kelulusan di Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah. Ini tidak berlebihan mengingat tiga testing di atas adalah prinsip ajaran islam terutama pengikut ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah.Dan program testing pada siswa-siswi kelas VI ini telah menjadi andalan dan penting untuk di jalankan.

Testing keagamaan di harapkan untuk meningkatlan kualitas generasi islam dan berdampak bagi Indonesia menjadi negara dan bangsa yang berkah.

Insyaallah jika program testing keagamaan seperti di atas di laksanakan dengan tertib,perencanaan matang, istiqomah dan perbaikan di sana -sini, akan menjadi ‘ledakan’ keilmiyahan,keamaliyan dan keshalehan individu dan sosial. Karena testing keagamaan itu terbukti efektif menjadikan generasi islam yang sholeh sholehah, bertanggung jawab dan mandiri. Tentunya kita berharap testing-testing keagamaan banyak di terapkan di madrasah lain, sekolah umum bahkan di lembaga lain yang bertujuan ikut membantu mewujudkan ndonesia yang relijius, berkah dan sejahtera. Semoga…….

*Kesiswaan MI Darun Najah
#ayokemadrasah
#ayo ke Darun Najah Ngemplak Kidul
Jl.Pati-Tayu km.17 Kec.Margoyoso Kab.Pati.

(*).

Berita Viral Berjudul Tingkatkan Kualitas Generasi, MI Darun Najah Ngemplak Kidul Gelar Ujian Shalat, Baca Al-Qur’an dan TahlilSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *