Beredar Pesan Hoax Vaksinasi di Polres Pati Hanya Perlu Bawa KTP

1 min read

Beredar Pesan Hoax Vaksinasi di Polres Pati Hanya Perlu Bawa KTP

Beredar pesan di media sosial yang menyebutkan bahwa Vaksinasi Covid-19 di Gerai Polres Pati untuk warga Masyarakat Pati bisa langsung didatangi. Disebutkan bahwa warga hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Bisa datang langsung ke Polres Pati dengan Syarat hanya perlu membawa Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), berbadan sehat dan usia di atas 18 tahun,” tulis pesan yang beredar tersebut.

Akibat berita Hoax tersebut banyak warga yang berbondong-bondong ke Mapolres Pati untuk mendaftarkan Vaksinasi. Minggu, 04 Juli 2021.

Kepala Bagian Operasinal (Kabag Ops) Polres Pati Kompol Sugino mengatakan hoax ini membuat terjadinya antrean di Mapolres karena masyarakat ramai-ramai datang tanpa melakukan pendaftaran sebelumnya.

Kompol Sugino membubarkan kerumunan Warga dengan memberikan edukasi bahwa pendaftaran warga memang tidak dilakukan secara langsung hadir hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.

“Pendaftaran bisa lewat desa atau kelurahan maupun perusahaan dan organisasi yang lain dengan mengajukan permohonan ke Gugus Tugas Kabupaten Pati dan ditembuskan ke Kapolres,” ujarnya.

Dia menyebutkan Kejadian ini berawal dari penyebaran HOAKS broadcast via media sosial yang beredar.

Dalam kurun waktu tidak lama, Warga yang antre untuk mendaftarkan Vaksinasi tersebut sudah dapat bubar dan keadaan kembali normal.

Polres Pati memang berkomitmen membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi. Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi dampak tertularnya Covid-19 yang tengah merebak. Dengan vaksinasi diharapkan imun masyarakat lebih kuat sehingga resikonya jauh lebih kecil.

“Oleh karena itu kami targetkan tiap hari 250 orang vaksinasi. Sedangkan untuk petugas vaksinatornya kami maksimalkan dari tenaga kesehatan Polres Pati,” terang Kabag Ops.

Beredar Pesan Hoax Vaksinasi di Polres Pati Hanya Perlu Bawa KTP
Beredar Pesan Hoax Vaksinasi di Polres Pati Hanya Perlu Bawa KTP

(*/ dok Humas Respati)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *