Mobil Tetap Jadi Moda Transportasi Favorit Libur Nataru, Jasa Marga Siagakan Armada Berikut

1 min read

Mobil Tetap Jadi Moda Transportasi Favorit Libur Nataru, Jasa Marga Siagakan Armada Berikut
Lensapati.com Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan menyatakan pada Libur Nataru atau Libur Natal dan juga Tahun Baru 2023 menuju 2024, akan terjadi peningkatan mobilitas nasional.

Kenaikan mobilitas publik Tanah Air pada Libur Nataru ini diperkirakan mencapai 143 persen. Akan ada 44 jt orang bergerak menggunakan moda transportasi untuk berperjalanan, antara lain permintaan mudik atau wisata. Serta menjadikan mobil sebagai moda transportasi favorit.

Dikutip dari kantor berita Antara, pada Kamis (14/12/2023), PT Jasa Marga (Persero) menyelenggarakan “Kick Off Jasa Marga Siaga Natal 2023 juga Tahun Baru 2024” di tempat Lapangan Museum Purnabhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

PT Jasa Marga (Persero) mengatur "Kick Off Jasa Marga Siaga Natal 2023 kemudian Tahun Baru 2024" yang digunakan diselenggarakan di dalam Lapangan Museum Purnabhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Ibukota Indonesia pada Kamis (14/12/2023) [ANTARA/HO-PT Jasa Marga].
PT Jasa Marga (Persero) mengatur “Kick Off Jasa Marga Siaga Natal 2023 kemudian Tahun Baru 2024” yang tersebut diselenggarakan dalam Lapangan Museum Purnabhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, DKI Jakarta pada Kamis (14/12/2023) [ANTARA/HO-PT Jasa Marga].

PT Jasa Marga (Persero) menyatakan siap siaga memberikan pelayanan optimal pada periode Libur Nataru. Jumlahnya meliputi 476 unit armada operasional dalam seluruh jalan tol yang dikelolanya.

Armada operasional Jasa Marga terdiri dari 166 mobil derek, 119 Mobile Customer Service (MCS), 53 unit ambulans, 38 kendaraan penyelamat, juga 100 unit mobil Patroli Jalan Raya (PJR).

Fitri Wiyanti, Direktur Operasi Jasa Marga menyatakan bahwa seluruh pelayanan baik oleh petugas hingga seluruh armada operasional juga didukung dengan koordinasi intens dengan stakeholder lintas sektoral ini bertujuan mengantisipasi peningkatkan mobilisasi warga pengguna jalan tol. Caranya lewat optimalisasi.

“Peningkatan pelayanan harus terus dilaksanakan dengan konsisten untuk mengantisipasi peningkatan lalu-lintas baik di area gerbang tol, rest area hingga layanan preservasi, optimalisasi teknologi dan juga pengoperasian secara fungsional untuk beberapa ruas tol Jasa Marga Group untuk menjamin kelancaran perjalanan pengguna jalan tol,” ujar Fitri Wiyanti.

Ia memacu para petugas Jasa Marga yang mana turut disiagakan untuk memberikan pelayanan terbaik, dengan memperhatikan aspek keamanan kemudian keselamatan lewat pemantauan lalu pengendalian lokasi rawan kecelakaan.

Serta memitigasi risiko genangan serta longsor, kemudian meningkatkan perhatian pada lokasi-lokasi yang digunakan berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas seperti objek wisata.

Dari sisi sarana pelayanan lalu lintas, jalan tol Jasa Marga Group dilengkapi sistem informasi kemudian komunikasi yang tersebut terdiri dari 1.977 unit CCTV, 204 unit Dynamic Message Sign (DMS), 26 unit Speed Camera kemudian 7 unit Weigh in Motion.

Dalam acara “Kick Off Jasa Marga Siaga Nataru 2023/2024” tadi kegiatan dibuka dengan upacara dilanjutkan penyematan pin secara simbolis oleh direksi Jasa Marga terhadap Tim Jasa Marga Siaga Operasional Natal 2023 lalu Tahun Baru 2024.

Berikutnya seluruh armada operasional mendapatkan penempelan stiker Jasa Marga Siaga yang digunakan menandakan kesiapan Jasa Marga pada menyiagakan petugas hingga armada operasional di Libur Nataru atau Libur Natal 2023 dan juga Tahun Baru 2024.

Direksi Jasa Marga kemudian para stakeholder yang mana hadir berkesempatan untuk melakukan peninjauan juga pengecekan armada operasional.

Kendaraan operasional dari para stakeholder berasal dari Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan (Dishub), Basarnas dan juga kendaraan pemadam kebakaran (damkar).